Kunci Jawaban Post Test Modul 1 Topik Semangat Guru 2: Kompetensi nonteknis Kurikulum Merdeka


Berikut ini adalah referensi Jawaban Post Test Pelatihan Mandiri Topik Semangat Guru 2: Kompetensi nonteknis Kurikulum Merdeka yang dapat digunakan sebagai acuan ibu dan bapak dalam menjawab Post Test.

Soal dan Kunci Jawaban Post Test Pelatihan Mandiri Topik Semangat Guru 2: Kompetensi nonteknis Kurikulum Merdeka Modul 1


1. Proses memunculkan satu kemungkinan solusi pada suatu masalah disebut juga sebagai...
A. Berpikir logis
B. Berpikir divergen
C. Berpikir analitis
D. Berpikir konvergen

2. Budi menyalin sebuah karya tulis dari laman internet yang ia temukan, kemudian ia kumpulkan sebagai tugas karya tulis buatannya pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Sementara itu, untuk mata pelajaran Seni dan Budaya, Santi membawa contoh gambar lukisan bunga matahari yang ia temukan dari laman internet. Contoh lukisan bunga tersebut digunakan sebagai acuan memodifikasi lukisannya yang bertema pekarangan rumah.
Dari cerita di atas, dapat disimpulkan bahwa...
A. Budi menjiplak dan Santi terinspirasi karya lain
B. Budi terinspirasi dan Santi menjiplak karya lain
C. Budi dan Santi menjiplak karya lain
D. Budi dan Santi terinspirasi karya lain

3. Saat kelas 2 SD, Kana sangat kagum ketika melihat teman kelasnya membuat prakarya dari batang korek api. Menurut Kana, apa yang dibuat oleh temannya sangat kreatif dan baru. Namun, bagi Pak Amar, seorang guru seni, prakarya tersebut tidaklah baru karena merupakan bahan materi ajar untuk peserta didik kelas 3 SD.
Ilustrasi di atas menunjukkan prinsip orisinalitas yang bersifat relatif, yaitu...
A. Sesuatu yang baru bagi seseorang sudah pasti menjadi hal yang tidak biasa bagi orang lain.
B. Sesuatu yang baru bagi seseorang bisa jadi sudah menjadi hal yang biasa bagi orang lain.
C. Sesuatu yang baru bagi seseorang sudah pasti menjadi hal yang biasa bagi orang lain.
D. Sesuatu yang baru bagi seseorang sudah pasti baru bagi orang lain.

4. Silakan lihat kegiatan-kegiatan berikut ini:
1. Guru memberikan pertanyaan pemicu mengenai perubahan iklim.
2. Guru memberikan aturan yang ketat dalam tugas eksperimen sains.
3. Peserta didik berada dalam lingkungan pembelajaran yang membuatnya tertekan.
4. Peserta didik diberikan apresiasi atas keberaniannya dalam menuangkan ide.
Apa saja kegiatan yang dapat dilakukan oleh guru untuk mendorong peserta didiknya menjadi pribadi yang kreatif?
A. 1 dan 2
B. 3 dan 4
C. 1 dan 4
D. 2 dan 3

Pak DZ

Guru Matematika SMA Negeri 5 Kejuruan Muda

Lebih baru Lebih lama